,

Paten Beredar, Samsung Siapkan Ponsel dengan Rasio Layar Mendekati 100%

Paten Beredar, Samsung Siapkan Ponsel dengan Rasio Layar Mendekati 100%

Selularena.com – Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus tampaknya bakal diresmikan dalam waktu dekat, namun Samsung sudah berkonsentrasi pada ponsel lain. Yang sepertinya merupakan calon andalan di masa mendatang. Dan bisa jadi merupakan calon penerus dari duo Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang akan meluncur tahun ini.

Hal ini diketahui dari munculnya sebuah desain atau lebih tepatnya paten untuk desain smartphone baru, dengan fitur unik, berupa layar penuh, yang benar-benar “penuh”. Yap, pada paten baru Samsung yang ditemukan di laman World Intellectual Property Organization (WIPO) ini, terlihat jika layar ponsel memiliki rasio mendekati 100%.

Bagaimana tidak, smartphone ini benar-benar dibuat bezel-less dan sama sekali tidak memiliki batasan di keempat sisi layar. Hal menarik lain dari desain baru ini adalah kembalinya tombol home fisik di bagian depan ponsel. Dan tombol home tersebut tampak ditempatkan di bagian tengah layar. Meski bukan dalam artian tengah itu benar-benar di tengah.

Dengan kata lain, posisi tombol home fisik pada ponsel baru ini tampak tidak berubah dari model ponsel Samsung sebelumnya. Namun bagian layarnya lah yang diperluas, termasuk melewati di tombol home ini. Dimana bagian bawah layar dibuat terpotong di dalam, untuk posisi tombol home. Demikian juga posisi kamera selfie, sejumlah sensor dan ruang untuk speaker di bagian atas.

Untuk lebih jelasnya, bisa Anda simak sendiri paten Samsung, Anda pasti akan mengerti. Dan sebagai tambahan, di bagian atas ponsel, tampak cukup banyak lubang, yang sebagian diduga sebagai sensor cahaya dan pemindai iris juga. Kemungkinan sensor pemindai sidik jari juga akan kembali ke tombol home fisik di depan, bukan lagi di punggung ponsel.

Secara sepintas, rasanya tidak salah mengatakan bahwa desain baru ini benar-benar menawan dan inovatif tentunya. Yang jadi pertanyaan kini, apakah Samsung benar-benar mampu mengintegrasikan desain tersebut pada perangkat jadi? Dan jika bisa, apakah harga ponsel ini nantinya akan lebih mahal?

Ya, itu cuma bisa dijawab Samsung di masa mendatang. Toh banyak juga paten Samsung yang tidak jadi kenyataan. Termasuk Galaxy X alias Project Valley yang hanya memberi harapan palsu kepada konsumen.

Konsep ini juga tampaknya terinspirasi oleh sejumlah model smartphone, seperti Essential Phone bikinan bapak Android dan iPhone X dari Apple, dimana mereka mampu membuat layar di sekitar bagian panel yang dipotong tetap berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LG X4 Plus Resmi Dikenalkan, Ponsel Mid-range dengan Daya Tahan Kelas Militer

LG X4 Plus Resmi Dikenalkan, Ponsel Mid-range dengan Daya Tahan Kelas Militer

Rupanya LG Juga Sedang Kembangkan Foldable Phone

Rupanya LG Juga Sedang Kembangkan Foldable Phone