,

Samsung Siapkan Chip NPU untuk Tingkatkan Kemampuan AI pada Prosesor Terbarunya

Samsung Siapkan Chip NPU untuk Tingkatkan Kemampuan AI pada Prosesor Terbarunya

Selularena.com – Belakangan ini, teknologi AI sedang dalam masa populer. Dimana sebelumnya, Huawei sukses memasang teknologi ini di salah satu prosesor andalan mereka. Dan tertarik dengan kesuksesan Huawei, brand asal Korea Selatan, yakni Samsung juga tampaknya mulai tertarik dengan teknologi tersebut.

Samsung kabarnya sedang berusaha mengerjakan project baru, dimana mereka bermaksud memasang Neuron Processin Unit (NPU) yang dikenal sebagai chip AI pada prosesor andalan Samsung.

Salah satu sumber yang dikabarkan cukup dekat dengan project ini mengaku bahwa pengembangan chip AI untuk server Samsung sudah mendekati rampung.

Adapun untuk chip AI Samsung yang dihadirkan untuk perangkat mobile, diklaim bakal setara dengan chip AI yang digunakan oleh Apple dan Huawei. Samsung juga akan terus mengembangkan teknologi ini melalui Samsung Advanced Institute of Technology untuk meningkatkan kinerja chip AI mereka pada pertengahan 2018 ini.

Sebelum Samsung, Huawei sudah lebih dulu memasang chip AI pada prosesor andal mereka, HiSilicon Kirin 970. Sementara Apple mengintegrasikan teknologi tersebut di prosesor Apple A11 Bionic terbaru yang dipasang pada ponsel iPhone terkini.

Kedua chip NPU dari Apple dan Huawei ini masing-masing telah mampu mencapai angka proses 600 Giga operation per secon dan 4 tera operation per second. Sementara itu, Samsung berencana untuk menghadirkan kecepatan proses yang lebih tinggi.

Apple iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, termasuk dengan iPhone X juga merupakan sejumlah ponsel baru Apple, yang dibekali NPU dimana chip khusus ini dimaksudkan untuk menangani berbagai tugas yang berhubungan dengan AI. Sementara Huawei menerapkan chip tersebut pada 3 ponsel. Yakni Huawei Mate 10, Mate 10 Pro dan Honor V10.

Chip NPU ini juga memiliki kelebihan khusus, terutama ketika disematkan pada prosesor. Selain meningkatkan performa CPU dan GPU, chip ini juga akan menganalisis, memproses dan menyimpan data yang dihasilkan, tanpa bantuan server internet.

Meski belum dikonfirmasi, namun ada dugaan bahwa Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus mendatang juga akan dibekali teknologi ini. Termasuk seri Samsung Galaxy Note 9 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Xiaomi MI MIX 2S Sudah Digarap, Melenggang di MWC 2018

Xiaomi MI MIX 2S Sudah Digarap, Melenggang di MWC 2018

Xiaomi Mi7 Tampil dengan Punggung Kaca dan Sensor Sidik Jari di Belakang

Xiaomi Mi7 Tampil dengan Punggung Kaca dan Sensor Sidik Jari di Belakang